Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa (studi kasus pada jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan)

Main Author: Sovia, Annida Karima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/991/1/12%20230%200220.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/991/
Daftar Isi:
  • Banyaknya mahasiswa yang belum menekuni wirausaha menunjukkan bahwa minat berwirausaha belum terbentuk sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari faktor-faktor yang dianalisis baik secara parsial maupun simultan, terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Faktor-faktor yang dianalisis mencakup faktor kepribadian dan faktor sociological. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan dan masyarakat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen bisnis, yakni dalam pembentukan minat, tepatnya minat berwirausaha mahasiswa. Menurut sebuah teori yang dikemukakan Alma bahwa ada 3 faktor kritis yang berperan dalam membuka usaha baru diantaranya kepribadian dan sociological. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 82 mahasiswa dari seluruh angkatan 2012 dan 2013 jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan yang berjumlah 441 mahasiswa, dengan menggunakan Stratified Random Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor kepribadian dan sociological terhadap minat berwirausaha mahasiswa, baik secara simultan maupun parsial. Faktor kepribadian mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa sebesar 51,6%, faktor sociological mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa sebesar 40,3%. Kontribusi secara bersama-sama dari kepribadian dan sociological adalah 58,9 % (R square) sedangkan 41,1% dipengaruhi faktor lain.