Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Kelas VIII MTs.S Al-Mukhtariyah Nagasaribu Kabupaten Padang Lawas Utara
Main Author: | Parapat, Hotnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/965/1/14%20202%2000089.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/965/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas. Hal tersebut mengakibatkan banyak siswa yang tidak memahami materi dan memecahkan masalah matematika yang diajarkan terutama jika materi tersebut dihubungkan dengan hal-hal yang bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di kelas VIII MTs.S Al-Mukhtariyah Nagasaribu Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs.S Al-Mukhtariyah Nagasaribu tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa, 12 laki-laki dan 18 perempuan. Instrument yang digunakan adalah tes, lembar observasi kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa.Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di kelas VIII MTs.S Al-Mukhtariyah Nagasaribu Kabupaten Padang Lawas Utara bahwaUpaya yang dilakukan guru pada siklus I adalah guru menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) serta media yang disediakan sedangkan siklus II guru berperan sebagai fasilitator siswa yang lebih aktif menggunakan media yang disediakan.Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dimana rata-rata nilai tes meningkat yaitu 47,8 pada tes awal menjadi 68,9 pada tes siklus I dan 80,1 pada siklus II dan sebanyak 56,66% atau 17 siswa meningkat hasil tesnya pada siklus I dan sebanyak 86,66% atau 26 siswa meningkat pada siklus II dengan persentasi awal adalah 30% atau 9 siswa tuntas pada tes awal yang dilakukan. Hasil minat belajar siswa pada observasi awal dengan rata-rata 31,7% dan meningkat pada siklus I dengan rata-rata 57,29 % meningkat menjadi 74,85% pada siklus II.