Peningkatan hasil belajar matematika materi lingkaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas VIII-1 MTs N 2

Main Author: Nasution, Sri Wahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/961/1/14%20202%2000025.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/961/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar matematika siswa yang masih rendah di kelas VIII-1 MTsN 2 Padangsidimpuan berefek dari tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran masih rendah juga kurangnya kemandirian siswa dalam mempelajari kembali materi yang telah disampaikan guru. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Sejalan dengan rumusan masalah, maka penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi lingkaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan (2 Siklus). Pada siklus I dan siklus II terdiri dua kali pertemuan, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi siklus I pertemuan pertama dan kedua menjadi bahan acuan untuk melanjutkan siklus II. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan teknik analisis instrumen yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan hasil belajar matematika materi lingkaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Dari hasil penelitian data hasil belajar siswa pada siklus I masih rendah, disebabkan indikator-indikator peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I belum memenuhi pada kriteria yang diharapkan maka dilakukan siklus II. Pada siklus II data hasil belajar siswa mulai meningkat. Pada tes awal rata-rata nilai siswa 61,90 kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa 68,33 menjadi 75,95, pada siklus II dari 81,30 menjadi 88,57. Persentase siswa yang tuntas hasil belajar pada tes awal 33,33% kemudian meningkat pada siklus I dari 42,85% menjadi 54,76%, dan pada siklus II dari 69,04% menjadi 88,09%. Persentase siswa yang tidak tuntas hasil belajar pada siklus I dari 57,15% menjadi 45,24%, dan pada siklus II dari 30,96% menjadi 11,91%. Sesuai dengan indikator tindakan pada skripsi ini, dimana siswa sudah melewati nilai rata-rata yaitu 88,57 dengan persentase siswa yang tuntas belajar sebesar 88,09%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi lingkaran kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan