Pembinaan seni baca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan tilawah siswa di MAN 1 Padangsidimpuan

Main Author: Rahmadani, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/95/1/1420100066.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/95/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini membahas tentang kegiatan pembinaan seni baca AlQur’an, yang mana kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan luar sekolah yang tujuannya untuk mengembangkan serta meningkatkan kemampuan tilawah siswa agar mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, benar sesuai dengan kaidah serta mampu melafalkan irama dalam membaca Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan seni baca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan tilawah siswa? apa saja kendala yang dihadapi? dan apa saja upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tilawah siswa melaui kegiatan pembinaan seni baca Al-Qur’an di MAN 1 Padangsidimpuan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembinaan seni baca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan tilawah siswa, untuk menggambarkan apa saja kendala yang dihadapi dalam pembinaan seni baca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan tilawah siswa, serta untuk menggambarkan bagaimana upaya dalam meningkatkan kemampuan tilawah siswa melalui kegiataan pembinaan seni baca Al-Qur’an, dan kegunaan penelitian ini adalah sebagai masukan yang ingin mempelajari ilmu tilawah Al-Qur’an, juga bagi tenaga pendidik yang mengajarkan ilmu tilawah Al-Qur’an dan menambah wawasan penulis. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif (lapangan) bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana pembinaan seni baca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan tilawah siswa di MAN 1 Padangsidimpuan. Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembinaan seni baca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan tilawah siswa di MAN 1 Padangsidimpuan masih kurang baik, dikarenakan pelaksanaannya masih kurang berjalan dengan efektif serta masih banyak kendala-kendala yang terjadi dalam kegiatan tersebut. Adapun kendala dalam meningkatkan kemampuan tilawah tersebut adalah, masih ada peserta didik yang kurang fasih dalam menyebutkan huruf ataupun makharijul huruf, serta tajwid, tidak adanya pengawasan khusus dari pihak sekolah, kemudian kurangnya minat, motivasi peserta didik, yang pada awal diselenggarakannya kegiatan ini banyak yang datang. Kemudian, peserta didik yang ikut pun hanya satu dua orang saja yang serius dalam mengikutinya. Upaya yang harus dilakukan yaitu, memberikan motivasi serta pengawasan yang ketat dari pihak sekolah untuk kegiatan tersebut. Serta menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an kepada peserta didik agar lebih semangat dalam mengikuti pembinaan seni baca Al-Qur’an.