Problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan

Main Author: Handayani, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/942/1/1520100163.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/942/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika pendidikan Agama Islam. Dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam banyak sekali ditemukan problemtika. Problem tersebut ditemukan dari beberapa sektor, baik guru, siswa, kurikulum, manajemen, sarana prasarana, penilaian autentik, maupun lingkungan yang terdapat disekeliling pembelajaran pendidikan Agama Islam. Skripsi ini berjudul ā€œProblematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuanā€. Maka masalah yang ada di dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Padamgsidimpuan, apa saja faktor penyebab munculnya masalah penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apasaja problematika Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian yang di lakukan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, Sumber data pokoknya berasal dari guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder berasal dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa, sedangkan instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilaksanakan dengan cara deskriptif kualitatif yang terdiri darimenelaah seluruh data yang dikumpulkan dari sumber dat, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan belum maksimal, karena pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan belum sepenuhnya terlaksana. Problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan ada tiga yaitu, guru Pendidikan Agama Islam sulit mengubah mindset atau kebiasaan lama dalam mengajar, problem guru Pendidikan Agama Islam belum terbiasa dengan pendekatan saintifik dalam 2013, problem guru Pendidikan Agama Islam terhadap konsep penilaian autentik.