Nilai-nilai pendidikan Islam dalam upacara mangupa haroan boru atau patobang anak dalam adat budaya Tapanuli Desa Bargottopong Jae Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara

Main Author: Harahap, Asnan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/938/1/12%20310%200246.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/938/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini merupakan penelitian yang membahas tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam upacara mangupa haroan boru atau patobang anak dalam adat budaya Tapanuli Selatan. Tujuan yang dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam upacara mangupa. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bargottopong Jae, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan dalam upacara mangupa haroan boru atau patobang anak dalam adat budayaTapanuli Selatan. Sebagai alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan Tanya jawab langsung atau wawancara kepada orang yang memberikan informasi permasalahan, seperti tokoh adat dan tokoh masyarakat. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metodedes kriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan apa adanya. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu:a) primer b) skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah:a) wawancara b)observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan Upacara mangupa haroan boru adalah salah satu rangkaian upacara adat dalam pesta pernikahan yang bertujuan mengembalikan tondi ke badan, memohon berkah serta karunia dari Allah SWT agar selalu sehat wala’fiat, selamat dalam dunia mapun di akhirat dan tentunya diberikan rezki yang melimpah dari Allah SWT setelah berumah tangga. Yang mempunyai nila-nilai pendidikan Islam dalam pelaksanaan upacara mangupa salah satu ; (1) Nilai Nasehat. (2) Nilai Doa dan Harapan. (3) Nilai Kerukunan dalam BerumahTangga. (4) Nilai Spiritual. (5) Nilai Sosial.