Internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan

Main Author: S, Intan Permata Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/901/1/14%20201%2000005.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/901/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini ialah adanya kemunduran sikap keberagamaan yang terjadi pada diri siswa. Hal ini terjadi karena kurangnya kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan zaman disertai masuknya budaya-budaya barat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Ditambah lagi dengan pembelajaran agama yang hanya berlangsung 3 jam dalam seminggu. Sehingga yang tersampaikan hanya sekedar pengetahuan saja tanpa disertai pembiasaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana internalisasi nilainilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, dan bagaimana implikasi dari internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Kemudian yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. dan untuk mengetahui implikasi dari internalisasi nilainilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Metodologi penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung mendatangi responden yang berada di tempat. Karena penelitian itu masih sangat luas pengertiannya maka penulis spesifikkan jenis penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Analisis data dilaksanakan dengan menggunakan model Miles and Huberman, analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif atau terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian yaitu proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis, dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman, serta tahap pembiasaan. Pada tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman, pembina menyampaikan materi berupa tausyiah-tausyiah. Adapun pada tahap pembiasaan seperti berdoa sebelum dan sesudah berjalannya kegiatan rohis, serta tilawah AlQur’an secara bergantian dengan bimbingan pembina rohis tersebut. Adapun Implikasi ataupun dampak dari internalisasi nilai-nilai agama Islam dapat terlihat dari perilaku siswa yang sudah rutin mengikuti kegiatan rohis. Adanya perubahan yang terjadi pada diri siswa, seperti siswa menjadi sopan santun, lebih disiplin dan bertanggung jawab atas amanah dan segala sesuatu yang dikerjakannya.