Pengelolaan bimbingan keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Main Author: Sudrajat, Edi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/868/1/121200047.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/868/
Daftar Isi:
  • Latarbelakang masalah penelitianiniadalah dari kegiatan sehari-hari anak asuh melaksanakan kegiatan bimbingan keagamaan dan sekolah, akan tetapi ada kesenjangan yang terjadi yaitu sesudah pulangSekolah di siang hari anak asuh pergi mencari kayu bakar mencari rumput kebersihan sekitar Lembaga dan mencari kemiri sehingga banyak waktu yang tergunakan di siang hari untuk kegiatan tersebut. Dengan demikian menjadikan kegiatan bimbingan keagamaan, pengamalan shalat, puasa sunnah dan akhlak anak asuh tidak terkontrol dengan baik, adapun dalam penelitian ini mengupas tentangpengelolaan bimbingan keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Desa ujung Gurap Kecamatan padangsidimpuan Batunadua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan bimbingan keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, apa faktor penghambat dan pendukung pengelolaan bimbingan keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Jenis penelitian iniadalahpenelitiankualitatif, dengan mengguakanpendekatan analisis deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primerdan sumber data sekunder.Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasidandokumentasi. Sedangkan analisa data dilaksanakan dengan data Reduction, penyajian data dan conclusion drawing/Verification Data. Hasil penelitianini bahwa pengelolaan bimbingan keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua berjalan dengan maksimal baik dan lancar seperti adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Walaupun masih menemui kendala, namun tidak sampai pada tingkat kesusahan pada pencapaian tujuan. Adapun hambatannya adalah kurangnya sarana dan prasarana, tenaga pendidik/pembimbing, dan dana. Adapun pendukungnya adalah semangat belajar anak asuh dan semangat pembimbing dalam membimbing.