Pengaruh pengetahuan konsumen mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan
Main Author: | Sari, Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/83/1/12%20220%200164.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/83/ |
Daftar Isi:
- Jumlah nasabah tabungan pada Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan periode 2014 sampai dengan Juli 2016 sebanyak 14410 nasabah. Jumlah nasabah memilih tabungan pada Bank Muamalat mengalami peningkatan dan penurunan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan. Pembahasan ini berkaitan dengan ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perbankan syariah, perilaku konsumen, pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, pengetahuan pemakaian dan proses pengambilan keputusan oleh konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dengan sampel 125 nasabah. Pengolahan data dilakukan pada SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan produk berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung > ttabel (1,807 > 1,645) kemudian pengetahuan pembelian berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung > ttabel (7,989 > 1,645) sedangkan pengetahuan pemakaian tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung < ttabel (-0,413 < 1,645). Secara simultan pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian berpengaruh dengan nilai Fhitung > Ftabel (24,302 > 2,68). Dari uji koefisien determinasi pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian mampu mempengaruhi keputusan menjadi nasabah sebesar 36,1% sedangkan sisanya 63,9% dipengaruhi faktor lain