Pengaruh faktor sosial dan faktor promosi terhadap keputusan masyarakat lingkungan I Kelurahan Panyanggar Kota Padangsidimpuan menjadi nasabah di Bank Syariah

Main Author: Mariyati, Lenni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/770/1/14%20401%2000099.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/770/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini di latarbelakangi oleh masyarakat Lingkungan I Kelurahan Panyanggar Kota Padangsidimpuan yang lebih sedikit menjadi nasabah bank syariah di banding dengan nasabah bank konvensional. Selain dari masyarakat yang dominan beragama muslim. Akan tetapi, masyarakat Lingkungan I Kelurahan Panyanggar masih banyak yang memilih bank konvensional dari pada bank syariah. Hal tersebut dikarenakan masyarakat kurang memahami bank syariah itu sendiri, dan banyak masyarakat beranggapan bahwa bank syariah dan bank konvensional itu sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengeruh factor sosial, dan factor promosi, terhadap keputusan masyarakat Lingkungan I Kelurahan Panyanggar menjadi nasabah di bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah factor sosial, dan factor promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan masyarakat Lingkungan I Kelurahan Panyanggar menjadi nasabah di bank syariah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen bisnis. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan nasabah, factor sosial, dan faktor promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistic yaitu SPSS versi23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,789 artinya korelasi antara variabelf actor sosial, dan factor promosi terhadap keputusan nasabah terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R square sebesar 0.622 atau 62,2 % menunjukkan variable factor sosial, dan factor promosi mempengaruhi Keputusan nasabah dan sisanya 37,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini tidak ada pengaruh factor social terhadap keputusan nasabah dengan nilai thitung<ttabel(0,033< 1,657). Variabel factor promosi ada pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai (2.287> 1,657). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa factor sosial, dan factor promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai Fhitung>Ftabel (3,696>2,35).