Strategi bersaing dan bertahan pedagang Pasar Tradisional Saroha Padangsidimpuan pada masa pandemi Covid-19

Main Author: Zega, Kurnia Pebriyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7670/1/1740200119.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7670/
Daftar Isi:
  • Adanya wabah covid-19 yang menyerang hampir seluruh penduduk dunia tentu menimbulkan dampak pada kehidupan masyarakat baik itu dari segi kesehatan, sosial, ekonomi, psikologi dan lain sebagainya. Banyak kerugian yang ditimbulkan dari pandemi ini yang berdampak pada perekonomian Indonesia. Dampak covid-19 yang dapat dilihat dari aspek ekonomi banyaknya usaha yang gulung tikar seperti usaha kecil (pedagang). Kota Padangsidimpuan adalah salah satu kota kecil dari Sumatera Utara yang terkena imbas dari wabah covid-19 ini terutama dibidang perekonomian. Dimana Kota Padangsidimpuan memiliki beberapa pusat perbelanjaan salah satunya yaitu Pasar Tradisional Saroha Padangsidimpuan. Selama pandemi covid-19 pengunjung Pasar Tradisional Saroha Padangsidimpuan berkurang ditambah dengan peraturan pemerintah yang menerapkan social distancing sehingga banyak masyarakat takut keluar rumah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi bersaing dan bertahan, mekanisme pasar dalam ekonomi islam, jenis-jenis pasar, masa pandemi covid-19, karakteristik pedagang menurut ekonomi islam. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Dengan subyek penelitian yaitu pedagang Pasar Tradisional Saroha Padangsidimpuan. Yang menggunakan sumber data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik pengelolahan dan analisis data dengan menggunakan pengolahan data seperti: reduksi data, editing, rekontruksi data, dan menarik kesimpulan. Dengan menggunakan metode analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa strategi pemasaran pedagang Pasar Tradisional Saroha Padangsidimpuan dapat ditempuh dengan matriks analisis SWOT yang terdiri dari strategi S-O yaitu menyesuaikan harga produk dengan harga pasar, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dagangan. Strategi W-O yaitu menambah jaringan pemasaran dengan cara memanfaatkan media sosial seperti facebook, whatsApp agar lebih banyak pembeli yang berbelanja di Pasar Tradisional Saroha Padangsidimpuan, mengoptimalkan sistem pemasaran di bagian promosi. Strategi S-T meningkatkan dan memperluas jaringan pemasaran agar dapat memengaruhi pembeli tetap berbelanja di Pasar Tradisional Saroha Padangsidimpuan. Strategi W-T Pedagang Pasar Tardisional Saroha Padangsidimpuan harus meningkatkan hubungan internal dan eksternal usahanya agar mengungguli persaingan dengan pedagang yang menjualkan produk yang sama.