Pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan pada PT Unilever Indonesia Tbk
Main Author: | Harahap, Wirda Sopiani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7659/1/1740200201.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7659/ |
Daftar Isi:
- Dalam meningkatkan volume penjualan barang PT Unilever Indonesia berfokus pada strategi pemasaran terutama pada pemasaran mengenai promosi dan distribusi. Besaran biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi dan distribusi akan sangat menentukan seberapa banyak barang dapat terjual. Penelitian ini bermaksud menguji apakah terdapat pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan, dan penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi secara parsial dan secara simultan. Teori yang digunakan pertama, untuk biaya promosi semakin besar biaya promosi maka akan semakin meningkat volume penjualan. Kedua, untuk biaya distribusi semakin besar biaya distribusi yang dikeluarkan maka akan semakin meningkat volume penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan PT Unilever Indonesia periode 2011-2020. Penentuan sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik non probality sampling atau sampel jenuh. Dalam penelitian ini terdapat 40 laporan keuangan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistic deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji linearitas, analisis regresi berganda, uji hipotesis yang diolah menggunakan softwareSPSS versi 25. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel biaya promosi tidak berpengaruh terhadap volume penjualan, dan biaya distribusiberpengaruh terhadap volume penjualan.Sedangkan hasil dari uji secara simultan variabel biaya promosi dan biaya distribusi berpengaruh terhadap volume penjualan