Peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Padangsidimpuan

Main Author: Ritonga, Aisyah Islamiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7633/1/1720100010.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7633/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa guru melakukan perannya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya menjalan sebagian dari beberapa peran sebagai fasilitator yaitu ketika mengajar tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun sehingga proses pembelajaran masih terkesan membosankan dan siswa masih banyak yang kurang memperhatikan guru ketika mengajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Metodologi yang digunakan peneliti adalah kualitatif menggunakan metode diskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan waktu penelitian dan ketekunan pengamatan dan teknik pengolahan analisi data melalui empat tahap yaitu klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru PAI Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan sudah terlaksana dengan baik dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator seperti guru PAI menggunakan metode kisah dan membentuk kelompok kecil sebagai pengalaman belajar bagi siswa. Namun tidak menyediakan media belajar bagi siswa dan lebih dominan menggunakan metode ceramah, sehingga tidak sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun. Dalam menyediakan sumber belajar bagi siswa guru PAI menggunakan buku pelajaran yang telah dibagikan oleh pihak sekolah. Dan bahan ajar yang disediakan oleh guru PAI bagi siswa yaitu dengan mencari materi tambahan dari media sosial jika yang ada dalam buku pelajaran kurang lengkap. Sedangkan dalam menyediakan kegiatan yang dapat merangsang keingintahuan siswa, guru PAI melakukan kegiatan tanya jawab, pemberian kuis dan tugas di rumah serta melakukan praktek ibadah sholat dan berwudhu bagi siswa. Guru PAI juga melakukan kegiatan baca tulis Al-quran dengan memerintahkan peserta didik untuk membaca dan menentukan hukum tajwid yang benar pada kitab suci Al-quran.