Strategi pemasaran produk tabungan iB muamalat prima pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panyabungan
Main Author: | Harahap, Khoirunnisah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7618/1/1640100160.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7618/ |
Daftar Isi:
- Strategi pemasaran adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Pemasaran sangat penting guna meningkatkan pengetahuan masyarakat akan suatu produk bank agar dapat merebut hati konsumen dan mempertahankan produk-produk yang sudah ada agar tetap eksis di masyarakat. Akan tetapi pada PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan meskipun pihak bank sudah melakukan promosi ke berbagai tempat seperti ke pasar-pasar tradisonal, ke kantor-kantor, majlis taklim, dan juga melalui sosial media, belum menjadi faktor untuk meningkatkan jumlah nasabah yang menggunakan produk Tabungan iB Muamalat Prima. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan iB Muamalat Prima pada PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu segmentasi pasar adalah pembagian dari pasar secara keseluruhan dalam kelompok untuk penyesuaian yang lebih tepat dari suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Menentukan pasar sasaran adalah proses target dalam mencocokkan reaksi pasar dengan kebutuhan pasar. Menentukan posisi pasar adalah merancang penawaran dan citra perusahaan untuk mencapai posisi kompetitif, dan bauran pemasaran adalah perangkat alat pemasaran yang digunakan untuk mengejar tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahaan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketentuan pengamatan, menggunakan bahan referensi, mengadakan membercheck dan triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan dengan menerapkan bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Selain itu pihak Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan menerapkan segmentasi pasar, dengan cara mengelompokkan pasar berdasarkan dengan pekerjaan, pendapatan, dan faktor usia. Sedangkan targetnya adalah masyarakat di kalangan menengah ke atas.