Peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika untuk materi peluang di kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara
Main Author: | Amina, Astri Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7609/1/1720200091.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7609/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi Matematika di M.Ts Negeri 2 Padang Lawas Utara yang mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa yang masih rendah dan belum mencapai nilai KKM, yaitu 70 dikarenakan masih banyak siswa yang kurang paham dalam menjawab soal yang diberikan oleh guru. Dalam kegiatan pembelajaran, ketika guru menerangkan dan bertanya apakah siswa sudah memahami pelajaran, siswa hanya diam sehingga sulit mengetahui apakah mereka sudah faham dengan materi yang diajarkan atau belum. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan Kreativitas dan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika untuk materi Peluang di kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan Kreativitas dan Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika untuk materi Peluang di kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalag observasi, angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara yang berjumlah 32 siswa. Setelah penelitian ini dilakukan, diperoleh angket kreativitas awal dengan jumlah 5 siswa yang kreatif atau 15, 62% dan hasil tes belajar siswa 28, 13%. Hasil tes dari Siklus I diperoleh 53, 13% dan angket kreativitas Siswa yaitu dengan jumlah 20 siswa yang kreatif atau 62, 5%. Pada Siklus II diperoleh hasil tes siswa yang lulus berjumlah 26 atau 81, 25% dan angket kreativitas siswa yaitu 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas dan hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika untuk materi Peluang di kelas VIII M.Ts Negeri 2 Padang Lawas Utara.