Metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 100303 Pargarutan

Main Author: Daulay, Ulfa Damayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7595/1/1620500115.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7595/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Saat belajar materi tersebut siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan metode pembelajaran debat. Metode pembelajaran debat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran debat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 100303? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing terdiri dari empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 100303 Pargarutan yang berjumlah 19 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi kegiatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPS melalui metode debat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dimana rata-rata tes pada setiap pertemuan meningkat. Pada tes awal (pretest) dengan nilai rata-rata 50,00. Tes siklus I pertemuan 1 yaitu 64. Pada siklus I pertemuan 2 yaitu 71,35. Selanjutnya siklus II pertemuan 1 yaitu 73,15. Dan siklus II pertemuan 2 yaitu 79,21. Dengan demikian hipotesis penelitian ini yang menyatakan “dengan menggunakan metode pembelajaran debat, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 100303 Pargarutan”.