Problematika pembelajaran membaca Alquran Jama’ah Masjid Al Munawwar Kelurahan Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan tenggara Kota padangsidimpuan
Main Author: | Rahmadani, Yustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7577/1/1720100221.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7577/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini kegiatan pembelajaran membaca Alquran di masjid Al-munawwar Kelurahan Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara yang sudah berjalan tujuh tahun. Sejaka awal kegaiatan, terdengar cara jama‟ah membaca Alquran tidak banyak perubahan jika dibanding dengan lamanya masa pembelajaran yang sudah berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja problematika dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran membaca Alquran jama‟ah masjid Al-munawwar kelurahan Pijorkoling kecamatan Padangsidimpuan Tenggara kota Padangsidimpuan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa problematika dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran membaca Alquran jama‟ah masjid Al-munawwar kelurahan Pijorkoling kecamatan Padangsidimpuan Tenggara kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metodologi observasi dan wawancara. Sumber data primer pada penelitian ini adalah guru, jama‟ah, dan „Alim Ulama‟, sedangkan sumber data sekundernya data atau dokumen yang dimiliki masjid Al-munawwar Kelurahan Pijirkoling Kecamatam Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang ditemukan adalah rendahnya kemampuan jama‟ah mengolah informasi materi yang disampaikan, problematika rancangan pembelajaran dan alokasi waktu, problematika efektifitas pelaksanaan pembelajaran, problematika keterampilan berbicara guru, problematika penerapan metode. Uapaya mengatasinya adalah pengulangan materi dan latihan pengucapan makhorijul huruf, penyelarasan bahasa penjelasan materi dan metode, menggunakan Alquran seragam. Upaya penyelesaian alokasi waktu, guru dan jama‟ah berusaha hadir setiap. Problema yang berkaitan input peserta didik, guru berusaha mengulangi penjelasan materi sampai jama‟ah paham. Problema yang berkaitan dengan metode dan jama‟ah yang ikut-ikutan menjelaskan saat guru menjelaskan, harus persis seperti penjelasan guru dan menggunakan Alquran seragam.