Pembelajaran daring ditinjau dari kemandirian dan rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika di kelas VIII-1 MTsN Padangsidimpuan tahun ajaran 2020/2021
Main Author: | Amanda, Hari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7574/1/1720200037.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7574/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pemerintahan melalui kemindikbud dan kemenag melarang sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka atau luring dan pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran daring sebagai alternative pembelajaran pada masa covid-19 untuk memutus rantai penyebaran virus yang semakin tidak terkendali. Akibat keputusan ini menjadi tantangan sendiri bagi pelajar dan juga pendidik mengingat pembelajaran daring sendiri baru pertama kali diterapkan pada tahun ajaran 2020-sekarang khususnya pada siswa kelas VIII-1 MTsN 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2020/2021. Pembelajaran daring memerlukan perangkat-perangkat untuk mendukung kelancarannya seperti handphone android, notebook, laptop dan jaringan yang mendukung. Namun tidak semua pelajar memiliki perangkat yang memadai untuk melakukan pembelajaran daring dan belum lagi sangat perlu pengawasan dari orangtua terhadap pelajar agar berjalan lancar proses pembelajaran daring. Karena pada fase pertama pembelajaran daring para pelajar masih kurang kemandirian atau rasa percaya diri dalam pembelajaran daring. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian dan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran daring dalam belajar matematika di kelas VIII-1 MTsN Padangsidimpuan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, teknik pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Kemudian pengolahan data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian dan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran daring dalam belajar matematika di kelas VIII-1 MTsN Padangsidimpuan tahun ajaran 2020/2021 kurang dikarenakan baru pertama kali melakukan pembelajaran daring, kurang paham dalam pembelajaran daring, kurangnya minat dalam melaksanakan pembelajaran, perlunya jaringan yang stabil, tugas daring yang lebih banyak sehingga jenuh untuk mengerjakannya, orang tua: kebanyakan main hp di bandingkan belajar, selalu mengingatkan untuk belajar dan pembelajaran yang monoton.