Kreativitas guru dalam proses Pembelajaran Agama Islam di SMA Negeri 1 Sibolga

Main Author: Suharja, Suharja
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7560/1/1923100306.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7560/
Daftar Isi:
  • Tesis ini membahas tentang kreativitas guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sibolga. Pokok masalah tesis ini adalah: Bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sibolga? Pokok masalah tersebut, kemudian dijabarkan menjadi tiga submasalah, yaitu: 1) Bagaimana bentuk kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sibolga? 2) Faktor yang mendukung dan menghambat peningkatan kreativitas guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sibolga? 3) Bagaimana upaya peningkatan kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sibolga? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah: Pedagogis, psikologis, dan filosofis. kreativitas pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diolah berdasarkan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah guru Pendidikan Agama Islam pada umumnya mampu; kreatif dalam mengelola kelas, menggunakan metode pembelajaran, menyiapkan lembar kerja siswa, menggunakan media pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Faktor pendukung yang dapat menunjang keberhasilan kreativitas pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sibolga diantaranya, sarana sekolah, kerja sama sesama guru, lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat kreativitas guru Pendidikan Agama Islam ada peserta didik dari alumni SMP, sehingga tingkat kemampuan menerima materi pelajaran pendidikan agama Islam tidak sama dan kurangnya kemampuan guru menguasai ilmu komputer. Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreatifitasnya dalam melaksanakan pembelajaran ialah memberi dorongan kepada guru, meningkatkan kerja sama, memberi motovasi dan memiliki kompetensi.