Strategi orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Anak di Kelurahan Aek Tampang LK III Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan

Main Author: Riski, Nesia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7556/1/1720100222.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7556/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang dalam penelitian ini adalah kurang mampunya anak membaca Al-Qur’an dilihat dari strategi orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak masih rendah, seperti sebagian orang tua tidak mengajari anaknya membaca Al-Qur’an masalahnya ialah waktu, kesibukkan mencari nafkah dan kurangnya pendidikan orang tua dalam dalam membaca Al-Qur’an di Kelurahan Aek Tampang Lk III Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah strategi orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak dan kendala kendala orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Adapun Tujuan peneliti adalah mengetahui strategi orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak Kedua, kendala orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di kelurahan aek tampang Lk III kecamatan padangsidimpuan selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, Trigulasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak Pertama memberikan pendidikan Al-Qur’an anak di rumah. Kedua, memberikan nasihat dan arahan bimbingan bahwa belajar Al-Qur’an sangat penting bagi setiap muslim. Ketiga, masukkan ke sekolah MDA atau mengaji, Keempat, memberikan hadiah. Kelima, membuat membingan tahsin online, memasukkan les Al-Qur’an, menyediakan tingkah laku orang tua sesuai Al-Qur’an. Kendala- kendala dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Pertama kurangnya waktu orang tua bersama anak karna orang tua berkerja, sehingga sedikit waktu mengaji bersama anak secara langsung membaca Al-Qur’an. Kedua, adanya perhatian khusus yang diberikan oppung anak sehingga tidak boleh paksa dalam mengajarinya karna masih kecil. Ketiga, kurangnya pengetahuan orang tua terhadap tahsin, tajwid dalam mengaji anak-anak nya membaca Al-Qur’an. Keempat, kendala dari anak, anak-anak asik bermain, menonton, dan main handphone sehingga ada kendala tidak mau membaca Al-Qur’an.