Penggunaan media audio pada pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Negeri 084084 Kota Sibolga

Main Author: Panggabean, Arifa Anni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7551/1/1923100295.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7551/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi dan minat belajar siswa di SD Negeri 084084 Kota Sibolga pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di semester genap tahun 2021.Berdasarkan hal tersebut, penggunaan media audio adalah solusi dalam meningkatkan minat belajar Baca Tulis Al-Qur’an siswa.Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui Penggunaan media audio, aktifitas mengajar guru, dan aktifitas belajar siswa dalam kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SD Negeri 084084Kota Sibolga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mengamati keadaan sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah.Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidiakan Agama Islam, Adapun sumber sekundernya adalah kepala sekolah,komite sekolah dan pewakilan 5 orang siswa kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumen analisis yang berupa pengumpulan dokumen SD Negeri 084084 Kota Sibolga dan foto-foto kegiatan pembelajaran menggunakan media audio pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Setelah dilakukan penelitian,maka diperolehhasil bahwaPenggunaan media audio pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an sangat perlu digunakan dalam kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SD Negeri 084084 Kota Sibolga, ditambah dengan adanya sarana dan prasarana yang telah tersedia di sekolah SD Negeri 084084 Sibolga.Aktivitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media audio dimulai dari tahap persiapan yaitu dengan mengkondisikan kelas dan mempersiapkan media audio terlebih dahulu, tahap pendahuluan guru Pendidikan Agama Islam memulai dengan mengucapkan salam dan membaca do’a secara klasikal, kegiatan inti memulai membacakan surah dan memulai pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan menggunakan media audio,dan tahap penutup mengulang-ulang bacaan hingga lancar sesuai dengan makhrijul huruf yang benar dan diberi penilaian. .Pelaksanaan Baca Tulis Al-Qur’an dilakukan 3 kali dalam seminggu satu kali pertemuan durasi 2 jam. Aktivitas belajar siswa Baca Tulis Al-Qur;an dengan menggunakan media audio adalah mendengarkan dan mengikuti Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan metode iqra’ sangat antusias hingga akhir pembelajaran. Keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an tidak terlepas dari kelengkapan atas sarana prasarana dan jugaalat-alat yang digunakan guru.