Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran daring di SMP Negeri se-Kota Sibolga

Main Author: Wardiah, Wardiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7550/1/1923100292.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7550/
ctrlnum 7550
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7550/</relation><title>Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran daring di SMP Negeri se-Kota Sibolga</title><creator>Wardiah, Wardiah</creator><subject>130106 Secondary Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 ini banyak memunculkan problema. Diharapkan guru pendidikan agama Islam memiliki kompetensi pedagogik. Guru pendidikan agama Islam harus mampu menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, walaupun proses pembelajaran jarak jauh. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sebagai fokus masalah pada penelitian ini yang yang dilakukan di SMP Negeri Se-Kota Sibolga. &#xD; Berdasarkan latar belakang masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam, kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi di SMP Negeri Se-Kota Sibolga. &#xD; Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif.&#xD; Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat dikemukakan bahwa: metode yang sering diterapkan guru Pendidikan Agama Islam yaitu: metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, metode demontrasi, dengan menggunakan audio visual, aplikasi yang zoom, google classroom, massanger, whatsApp. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi di SMP Negeri Se-Kota Sibolga; melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan metode yang bervariasi sesuai dengan yang ada di rencana pelaksanaan pembelajaran, menggunakan media audio visual. Penilaian dengan tiga aspek yang dinilai afektif, kognitif dan keterampilan. Faktor pendukung yaitu kemampuan guru dan siswa menggunakan media pembelajaran dan ketersediaan alat media pembelajaran guru dan siswa dan ketersediaan paket dari kemmendikbud dan dari sekolah. Faktor penghambat yaitu sinyal yang belum merata, terbatasnya ketersediaan alat media belajar siswa, respon dari siswa yang kurang baik (minat belajar rendah).</description><date>2021-11-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7550/1/1923100292.pdf</identifier><identifier> Wardiah, Wardiah (2021) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran daring di SMP Negeri se-Kota Sibolga. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan. </identifier><recordID>7550</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wardiah, Wardiah
title Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran daring di SMP Negeri se-Kota Sibolga
publishDate 2021
isbn 9781923100299
topic 130106 Secondary Education
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7550/1/1923100292.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7550/
contents Proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 ini banyak memunculkan problema. Diharapkan guru pendidikan agama Islam memiliki kompetensi pedagogik. Guru pendidikan agama Islam harus mampu menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, walaupun proses pembelajaran jarak jauh. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sebagai fokus masalah pada penelitian ini yang yang dilakukan di SMP Negeri Se-Kota Sibolga. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam, kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi di SMP Negeri Se-Kota Sibolga. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat dikemukakan bahwa: metode yang sering diterapkan guru Pendidikan Agama Islam yaitu: metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, metode demontrasi, dengan menggunakan audio visual, aplikasi yang zoom, google classroom, massanger, whatsApp. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi di SMP Negeri Se-Kota Sibolga; melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan metode yang bervariasi sesuai dengan yang ada di rencana pelaksanaan pembelajaran, menggunakan media audio visual. Penilaian dengan tiga aspek yang dinilai afektif, kognitif dan keterampilan. Faktor pendukung yaitu kemampuan guru dan siswa menggunakan media pembelajaran dan ketersediaan alat media pembelajaran guru dan siswa dan ketersediaan paket dari kemmendikbud dan dari sekolah. Faktor penghambat yaitu sinyal yang belum merata, terbatasnya ketersediaan alat media belajar siswa, respon dari siswa yang kurang baik (minat belajar rendah).
id IOS14688.7550
institution IAIN Padangsidimpuan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 513
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan
library_id 57
collection E-Theses IAIN Padangsidimpuan
repository_id 14688
city KOTA PADANG SIDIMPUAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14688
first_indexed 2022-03-02T13:26:21Z
last_indexed 2022-06-11T08:58:46Z
recordtype dc
_version_ 1735329480151400448
score 17.538404