Manajemen pembelajaran fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah
Main Author: | Sarumpaet, Jasrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7546/1/1823100257.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7546/ |
Daftar Isi:
- Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Pinangsori memiliki ketuntasan belajar Fikih, pemahaman serta pengamalan yang baik, hal ini terlihat dari data evaluasi pembelajaran Fikih dan kegiatan keagamaan di lingkungan madrasah. Faktor yang mempengaruhi fenomena ini adalah manajemen pembelajaran yang diterakpkan di dalam pembelajaran Fikih tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian guna mengetahui manajeman pembelajaran Fikih yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengahn. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan model kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah adalah dengan memperhatikan, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Alokasi Waktu, menyusun Program Tahunan (Prota), Program Semesteran (Prosem), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). mengkaji kondisi pembelajaran Fikih sebelumnya dan kondisi terkini. Mengidentifikasi kemudahan dan kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Fikih. 2) Pelaksanaan pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengahn dilakukan pada tiga tahapan yaitu kegiatan awal pembelajaran dengan menanyakan kondisi siswa dan pelajaran sebelumnya, kegiatan inti pembelajaran dengan menyampaikan materi Fikih sesuai dengan RPP yang sudah disusun sebelumnya dan kegiatan akhir pembelajaran dengan memberikan rangkuman terhadap materi Fikih yang sudah disampaikan pada kegiatan ini, memberi perintah kepada siswa, berkomunikasi dengan siswa, memberikan rangsangan mengkoordinir dan memimpin pelaksanaan pembelajaran baik di dalam kelas pada saat pemberian materi maupun di luar kelas pada saat praktik.. 3) Evaluasi pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengahn dilakukan dengan evaluasi internal dan evaluasi eksternal