Pengaruh beban tenaga kerja dan beban promosi terhadap laba pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. tahun 2017-2019

Main Author: Nurhafni, Nurhafni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7538/1/1640100099.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7538/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana ketika beban tenaga kerja dan beban promosi meningkat maka laba juga meningkat yang dimana bertolak belakang dengan teori yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban tenaga kerja dan beban promosi terhadap laba pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Menurut teori yang dinyatakan oleh Modigliani-Millier (MM) dalil II yang kesimpulannya ialah apabila modal perusahaan bertambah mengakibatkan laba perusahaan mengalami peningkatan. Yang berarti ketika beban tenaga kerja dan beban promosi meningkat maka laba juga akan meningkat Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dimana Instrumen pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari www.ojk.go.id. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi data, menyusun redaksi, mendeskripsikan data, dan menarik kesimpulannya. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 36 sampel. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear ganda yang perhitungannya menggunakan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Beban tenaga kerja dan beban promosi keduanya berpengaruh terhadap laba. Karena kedua variabel ini jika dicari pengaruhnya terhadap laba ketika bersama-sama akan memiliki pengaruh. Dikarenakan kemungkinan salah satu dari variabel berpengaruh kuat. Hal ini juga dapat dibuktikan dari hasil statistik dimana Hasil uji F pada tingkat signifikan 0,05 yaitu sebesar 18,528 dan Ftabel sebesar 1,7. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara beban tenaga kerja dan beban promosi terhadap laba.