Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas VIII MTs. Swasta Ja’fariyah Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Hasibuan, Sri Mahrani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7535/1/1720200099.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7535/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa pada materi lingkaran. Hal tersebut disebabkan oleh masih banyaknya siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dan masih kesulitan dalam menjawab soal yang diberikan guru, dengan demikian peneliti menyakini bahwa dengan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatka hasil belajar Matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII-1 di MTs Swasta Ja’fariyah Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas. Sehingga yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII-1 MTs Swasta Ja’fariyah Hutaibus. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua Siklus yaitu Siklus I dengan dua Pertemuan dan Siklus II dengan satu Pertemuan. Dalam hal ini peneliti berfungsi sebagai guru sekaligus observer. Instrumen yang diguankan yaitu observasi dan tes dalam bentuk essay tes. Subjek penelitian ini adalah sisiwa kelas VIII-1 MTs Swasta Ja’fariyah Hutaibus yang terdiri dari 27 orang siswa yang seluruhnya perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dilihat dari nilai dan aktivitas siswa dimulai dari pretes dengan persentase keuntasan siswa sebesar 19% (5 dari 27 siswa) dengan nila rata-rata kelas sebesar 48,33, Siklus I Pertemuan I, persentase ketuntasan sisiwa 52% (14 dari 27 orang) dengan nilai rata rata 78,81, Siklus I Pertemuan II, persentase ketuntasan siswa 74% (21 dari 27 orang) dengan nilai rata-rata 86,11 dan Siklus II Pertemuan I, persentase ketuntasan siswa sebesar 89% (24 dari 27 orang) dengan nilai rata-rata 88,51. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII-1 MTs. Swasta Ja’fariyah Hutaibus.