Implementasi pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan akhlak siswa kelas VIII di M.Ts. Pondok Pesntren Modern Baharuddin Janji Mauli, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Ikhsan, Ikhsan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7528/1/1720100031.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7528/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dilihat pada zaman sekarang banyak akhlak siswa yang kurang baik apalagi situasi pada saat munculnya wabah covid, sehingga pemerintah menerapkan sekolah daring dan luring, dari keputusan tersebut banyak akhlak siswa yang kurang diperhatikan terutama pada waktu masuk daring dimana guru hanya mampu membimbing lewat virtual saja. Namun di pesantren baharuddin hanya memberlakukan sekolah luring, maka peneliti tertarik untuk meneliti implementasi pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk akhlak siswa yang dilakukan oleh guru pada saat melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di M. Ts. Pondok Pesantren Modren Baharuddin Janji Mauli, dan implementasi pembelajaran Akidah Akhlak terhadap pembentukan akhlak siswa kelas VIII di M. Ts. Pondok Pesantren Modren Baharuddin Janji Mauli. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu dua orang guru Akidah Akhlak di MTs Pondok Pesntren Modern Baharuddin, Janji Mauli, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk data primer yakni guru akidah akhlak, siswa dan data sekunder yakni kepala sekolah, karyawan tata usaha dan guru lainnya. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi data ,klasifikasi data, reduksi data,dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di M. Ts. Pondok Pesantren Modren Baharuddin Janji Mauli, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan adalah dengan berdasarkan RPP kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, guru Akidah Akhlak melaksanakan pembelajaran seperti: pembukaan, menyampaikan materi, metode pembelajaran, media, alat pembelajaran, penutup. Implementasi pembentukan Akhlak Siswa yaitu dalam membentuk Akhlak mahmudah siswa adalah dengan membiasakan hal-hal yang positif seperti menghormati guru, sopan berbicara terhadap guru dan apabila lewat depan guru siswa mengulurkan tangan kebawah sambil berjalan dengan bungkuk dan Akhlak Mazmumah adalah akhlak yang perlu diubah agar lebih baik.