Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model quantum teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 200507 Padangsidimpuan

Main Author: Matondang, Rahma Wati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7525/1/1720500012.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7525/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini berawal dari hasil wawancara dengan guru dan siswa di kelas V SDN 200507 Padangsidimpuan mengenai motivasi belajar. Beberapa indikator motivasi belajar menurut siswa dan guru belum terpenuhi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan siswa tentang untuk apa mereka belajar Bahasa Indonesia, dan metode yang digunakan guru memiliki kekurangan dalam meningkatkan motivasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 200507 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi siswa dengan model quantum teaching pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 200507 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah. Penelitian ini dilakukan sampai dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 200507 Padangsidimpuan yang berjumlah 23 orang. Setelah penelitian ini dilaksanakan diperoleh hasil observasi motivasi belajar pada siklus pertama, yaitu 12 berada pada interval 12-18 dengan kategori sedang, sedangkan pada siklus kedua mencapai 21 pada interval 19-23 dengan kategori tinggi. Hasil angket motivasi belajar menunjukkan bahwa motivasi belajar di kelas V SDN 200507 Padangsdimpuan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan. Rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan model quantum teaching atau pra siklus berada pada kategori sedang, dengan skor rata-rata yaitu 52,13. Pada siklus I motivasi belajar lebih tinggi yaitu berada pada kategori tinggi, dengan skor 63,95. Pada siklus II motivasi belajar semakin meningkat menjadi kategori sangat tinggi yaitu dengan skor rata-rata 68,86. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 200507 Padangsidimpuan.