Penerapan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) berbantu media audio visual dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas

Main Author: Nasution, Siti Hardianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7517/1/1720100023.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7517/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Akidah Akhlak yang didominasi oleh guru serta media pembelajaran yang kurang memadai membuat siswa hanya mendapatkan informasi dari guru saja sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan berpusat pada guru saja (teacher center). Keadaan seperti ini dapat menimbulkan kebosanan siswa terhadap pembelajaran, siswa menjadi kurang aktif dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Melihat fakta tersebut, peneliti menawarkan suatu strategi, yaitu strategi pembelajaran kontekstual (CTL) berbantu media audio visual. Rumuskan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi pembelajaran (CTL) contextual teaching and learning berbantu media audio visual dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII di MTsN 4 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran akidah akhlak melalui strategi pembelajaran CTL berbantu media audia visual di kelas VII MTsN 4 Hutaraja Tinggi. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus, pada siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan pada siklus kedua terdiri dari satu pertemuan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi pertemuan pertama menjadi bahan acuan untuk melanjutkan pertemuan berikutnya. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran CTL berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah akhlak, hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan setiap siklus, dengan rincian sebagai berikut, pelaksanaan pra siklus hasil belajar siswa mencapai sebesar 58,96, pertemuan pertama (Siklus I) dengan nilai rata-rata 67, pertemuan kedua (Siklus I) dengan nilai rata-rata 67,3, dan pertemuan ketiga (Siklus II) dengan nilai rata-rata 70,3. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar melalui strategi CTL berbantu media audio visual.