Determinan peningkatan jumlah nasabah di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Manna Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7512/1/1740100203.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7512/
Daftar Isi:
  • Perkembangan jumlah nasabah yang ada di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan selalu mengalami peningkatan pertumbuhan, akan tetapi peningkatan pertumbuhannya tidak begitu signifikan setiap tahunnya. Hal ini dapat diketahui pada tahun 2016 jumlah nasabahnya sebesar 18.319 orang, kemudian pada tahun 2017 mengalami kenaikan sebesar 12,5%, pada tahun 2018 juga mengalami kenaikan sebesar 11,9%, kemudian tahun berikutnya juga pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 9,7% dan pada tahun 2020 mengalami kenaikan sebesar 6,3%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, promosi dan lokasi terhadap peningkatan jumlah nasabah yang ada di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengertian nasabah, cara mengukur tingkat kepuasan nasabah, pengertian pelayanan, tujuan pelayanan, faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan, pengertian promosi, tujuan promosi, target promosi, sarana promosi, pengertian lokasi dan jenis-jenis kantor bank. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), uji koefisien determinasi (R2 ) serta analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan program SPSS versi 23 diperoleh bahwa variabel pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap peningkatan jumlah nasabah. Variabel promosi berpengaruh secara parsial terhadap peningkatan jumlah nasabah. Variabel lokasi berpengaruh secara parsial terhadap peningkatan jumlah nasabah. Sedangkan hasil uji f menunjukkan bahwa variabel pelayanan, promosi dan lokasi secara simultan memiliki pengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah yang ada di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan.