Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan pendekatan realistic mathematic education terhadap pemahaman konsep matematika untuk siswa kelas VIII di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan
Main Author: | Harahap, Sri Septiani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7467/1/1720200068.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7467/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP IT Darul Hasan pada pokok bahasan kubus dan balok. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang cocok menyebabkan aktivitas pembelajaran di kelas menjadi kurang efektif sehingga menyebabkan tujuan pembelajaran yang diinginkan kurang tercapai. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan pendekatan realistic mathematic education terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen jenis desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP IT Darul Hasan yang berjumlah 154 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dimana pemilihan sampel dilakukan berdasarkan karakteristik sampel yang homogen yaitu tingkat pengetahuan pada setiap kelas sama. Sehingga kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, pengujian uji t dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 2,91 > ttabel = 2,01. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “ada pengaruh yang signifikan amtara model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan pendekatan realistic mathematic education terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan.