Upaya guru dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas III pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 0105 Sibuhuan Julu Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Hasibuan, Sholahuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7452/1/1620500072.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7452/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa sesuai dengan observasi peneliti bahwa minat baca siswa masih kurang karena fasislitas dan motivasi guru masih kurang kepada siswa. Fasilitas seperti buku dan perpustakaan yang belum memadai membuat siswa malas untuk membaca tambah lagi waktu yang diberikan untuk membaca di perpustakaan masih sangat singkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah minat membaca siswa dan apa sajakah upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat membaca siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui minat membaca siswa dan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat membaca siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa minat membaca siswa sangat minim disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, kurangnya arahan guru, buku yang tersedia merupakan buku lama, dan siswa segan mengunjungi perpustakaan, karena perpustakaan digunakan sekaligus kantor guru. Sebagai upaya meningkatkan minat membaca siswa sekolah perlu membuat jadwal kunjungan khusus serta menyediakan buku-buku yang beragam, mengadakan lomba karya tulis dan menambahkan fasilitas lainnya.