Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen telur ayam ras UD. Rival H

Main Author: Siregar, Rudiansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/745/1/12%20230%200202.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/745/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kualitas produk yang tidak sesuai dengan pangsa pasar, penurunan harga saing yang dapat menurunkan margin laba, kurangnya kualitas pelayanan dalam menumbuhkan pangsa pelanggan sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Rumusan masalah penelitian adalah apakah ada pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara variabel produk, harga, pelayanan terhadap perilaku konsumen?.tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara variabel produk, harga, dan pelayanan terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 57 orang. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t danuji f), danuji koefisien determinasi R2. Dengan menggunakan program SPSS Versi 21.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Y = 7, 902 + 0,285X1 + 0,444X2+0,285X3dan data R squaresebesar0,758 hal ini berarti 75,8% variabel produk, harga, dan pelayanan mampu menerangkan variabel perilaku konsumen telur ayam ras UD. Rival H, sedangkan sisanya sebesar 24,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, produk memiliki thitung> ttabel dan tingkat signifikansi<(3,950 > 1,674 dan 0,000<0,05) artinya produk memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen.Harga memiliki thitung> ttabel (5, 004> 1,674) tingkat signifikansi <α (0,000 < 0,05) artinya harga memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. Pelayanan memiliki thitung> ttabel (2,289> 1,674) tingkat signifikansi <α (0,000 < 0,05) artinya pelayananmemiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa kualitas pelayanan dan harga memiliki Fhitung > Ftabel ( 55, 468 > 2,78) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,000 <α (0,05)artinya produk, harga, dan pelayanan pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen.