Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan keterampilan pembelajaran di SD Negeri 100906 Manompas Kecamatan Muara Batangtoru

Main Author: Daulay, Siti Kholijah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7437/1/1520100130.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7437/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru pendidikan agama Islam yang menganggap peranannya di dalam dunia pendidikan hanya sebatas melaksanakan pembelajaran yaitu menyampaikan materi pelajaran kepada siswa tanpa mau tau bagaimana siswa menerima materi yang disampaikan oleh guru di kelas. Jadi akibatnya guru pendidikan agama Islam kurang menguasai keterampilan mengajar yang membuat siswa tidak senang dalam belajar dan membuat siswa merasa bosan dalam proses belajar. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini terkait dengan bagaimana kemampuan guru pendidikan agama Islam menerapkan keterampilan mengajar di SD Negeri 100906 Manompas Kecamatan Muara Batangtoru. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan keterampilan mengajar di SD Negeri 100906 Manompas Kecamatan Muara Batangtoru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan objek sesuai dengan instrument pengumpulan data yang digunakan. Instrument pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Responden penelitian adalah guru pendidikan agama Islam, peserta didik SD Negeri 100906 Manompas, kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru PAI di SD Negeri 100906 Manompas dalam menerapkan keterampilan mengajar telah terlaksana sesuai dengan komponen yang ada kecuali beberapa komponen. Keterampilan membuka pelajaran difokuskan pada perhatian dan membangkitkan minat siswa, menimbulkan motivasi, dan membuat kaitan dengan materi sedangkan dalam menutup pelajaran dilakukan dengan meninjau kembali penguasaan inti pelajaran. Keterampilan kejelasan menyampaikan pelajaran dengan bahasa yang mudah dipahami dan pemberian tekanan. Keterampilan bertanya dasar dengan pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat serta mudah dimengerti, pemberian acuan, pemberian waktu berpikir, dan pemberian tuntunan. Keterampilan memberi penguatan dengan penguatan verbal seperti mengucapkan “bagus” dan memberi tepuk tangan. Keterampilan mengelola kelas dengan cara bersikap tanggap, membagi perhatian memusatkan perhatian kelompok dengan cara memberi tanda dan pengarahan. Keterampilan mengadakan variasi dilaksanakan dengan variasi gaya mengajar, variasi dalam menggunakan media pembelajaran, variasi pola interaksi dan kegiatan siswa. Keterampilan membimbing kelompok diskusi kecil dengan pemusatan perhatian siswa, analisis pendapat siswa, memberikan kesempatan berpartisipasi dan menutup diskusi. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dengan merencanakan kegiatan pembelajaran, mengornasisasikan kelompok belajar, melakukan pendekatan pribadi, membimbing dan memudahkan belajar.