Strategi guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan
Main Author: | Rahayu, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7433/1/1620100149.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7433/ |
Daftar Isi:
- Penelitian adalah guru mengatakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pada pokok bahasan salat pertama Guru menyampaikan kemudian menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa apa itu salat. Baik itu salat Fardhu (wajib), salat Sunnah, dan salat berjamaah. Setelah itu Guru menunjukkan tayangan berupa in-fokus agar siswa lebih paham dengan bacaan serta gerakan salat. Setelah itu Guru menyuruh siswa untuk praktek langsung di hadapan teman temannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana strategi Guru di dalam kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat? Bagaimana strategi Guru di luar kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat? Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam kelas pada pokok bahasan salat? Bagaimana aktivitas belajar siswa di luar kelas pada pokok bahasan salat? Untuk mengetahui strategi Guru di dalam kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat, Tujuan untuk mengetahui strategi Guru di luar kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan, Padangsidimpuan. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa si dalam kelas pada pokok bahasan salat, Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di luar kelas pada pokok bahasan salat Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model fenomenologis. Sumber data yang dibutuhkan 3 orang untuk data primer dan 4 orang untuk data sekunder. Instrument yang digunakan yaitu obaservasi, wawancara, study dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan adalah Klasifikasi data, reduksi data, deskriptif data, Triangulasi, menarik kesimpulan. Hasil penelitian a) Guru menyampaikan materi salat terlebih dahulu kepada siswa b) Guru menjelaskan materi salat c) Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa d) Guru memberi evaluasi terhadap siswa. a) Guru menyuruh siswa menghafal bacaan salat, b) Guru menyuruh siswa mengambil air wudhu‟ terlebih dahulu, c) Guru mengajak siswa untuk melakukan praktek langsung ke mushalla sekolah. a) Mendengarkan penjelasan guru tentang materi salat, b) Membaca buku paket, c)Menulis atau mencatat yang disampaikan oleh guru, d) Melakukan Tanya jawab. a) Melakukan praktek, b) Menghafalkan bacaan salat.