Pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah pada kelas VII Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan
Main Author: | Sihombing, Siska Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7432/1/1620200029.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7432/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman matematika siswa khususnya pada materi segi tiga. Hal ini disebabkan bahan ajar ( Modul) yang ada kurang memfasilitasi pemahaman siswa pada materi segi tiga. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian yang bertujuan mengembangkan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah pada Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan yang berkualitas ditinjau dari aspek komponen-komponen Berbasis Masalah dan kualitas serta untuk mengetahui respon siswa terhadap Modul yang telah di kembangkan. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana validitas dan praktikalitas bahan ajar (Modul) Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui 5 tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, Uji coba awal, Revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Instrumen penelitian berupa angket. Angket respon siswa terhadap bahan ajar (Modul) diberikan kepada 28 siswa Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Bahan Ajar (Modul) Berbasis Masalah tergolong dalam kategori baik dengan persentase 83%. Komponen Berbasis Masalah dalam kategori baik dengan persentase 83% dan kualitas isi dengan persentase 83%. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap Modul melalui angket tergolong dalam kategori baik dengan persentase 84%. Oleh karena itu, Bahan Ajar (Modul) Berbasis Masalah pada Materi Segitiga ini layak digunakan dalam pembelajaran.