Penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi permainan sepak bola di kelas V SDN 112227 Rasau Labuhanbatu Selatan
Main Author: | Nasution, Juheri Iqbal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7430/1/1620500091.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7430/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang penelitian pada penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pembelajaran permainan sepak bola harus mengacu pada kurikulum yang berlaku dan harus terlaksana dengan baik. Dalam pembelajaran permainan sepak bola di kelas V guru masih menggunakan pendekatan konvensional, guru masih menuntut siswa untuk bisa melakukan olahraga sepak bola dengan teknik yang benar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar permainan sepak bola melalui cooperative learning tipe Team Games Tournament di kelas V SDN 112227 Rasau Labuhanbatu Selatan. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar permainan sepak bola sebelum diterapkan cooperative elearning Tipe Team Games Tournament. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan dalam rangka meningkatkan atau memperbaiki mutu praktek pembelajaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perencanaan sampai kepada refleksi. Berdasarkan penelitian tindakan kelas hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil tes awal rata-ratanya adalah 56,81 dengan jumlah siswa yang tuntas 5 orang (22,73%) dan yang belum tuntas 17 orang (77,27%). setelah diadakan tindakan pada siklus I dengan model Team Games Tournament rata-rata meningkat menjadi 67,27 dengan jumlah siswa yang tuntas 10 orang (45%) dan yang belum tuntas 12 orang (55%). Selisihnya (56,81) dan post test siklus I (67,27) adalah 10,46%. Setelah diadakan tindakan perbaikan pada siklus II masih dengan menggunakan model Team Games Tournament nilai rata-rata meningkat menjadi 78,63 dengan jumlah siswa yang tuntas 19 orang (86,36%) dan yang belum tuntas 3 orang (13,63%). Selisih ketuntasan antara post test siklus I (67,27) dan post test siklus II (78,63) adalah 11,36 %.