Penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII M.Ts Negeri 2 Padang Lawas Utara

Main Author: Hrp, Evni Sri Wahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7413/1/1720200072.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7413/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di Madrasah membosankan karena guru menyampaikan materi pembelajaran hanya terpaku pada buku dan jarang menggunakan media, yang membuat peserta didik menjadi kurang tertarik terhadap pembelajaran Matematika. Sehingga peserta didik susah memahami konsep Matematika dan mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan tidak bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Rumusan masalahnya yaitu: apakah penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada materi faktorisasi bentuk aljabar siswa kelas VIII M.Ts Negeri.2 Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII M.Ts Negeri.2 Padang Lawas Utara pada materi Faktorisasi Suku Aljabar menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan alat peraga blok aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Pada penelitian tindakan ini diterapkan metode pembelajaran kooperatif menggunakan blok aljabar dengan membentuk kelompok belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian tindakan ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Resarch (CAR). Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan angket, soal tes hasil belajar yang terdiri dari pretes dan postes dengan jumlah subjek penelitian 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai pretes-postes pada penguasaan konsep faktorisasi suku aljabar yaitu pretes 21,21% dan postes 72,73% dengan kenaikan sebesar 51,52%. Berdasarkan hasil angket siswa setelah dilakukannya penelitian menunjukkan persentase nilai minat siswa dalam pelajaran matematika sebesar 75,76% meningkat 6,07% dari minat siswa sebelum dilaksanakan tindakan penelitian yaitu sebesar 45,45%. Dengan kata lain minat siswa meningkat dari awal yang berada pada kategori kurang menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII M.Ts Negeri.2 Padang Lawas Utara pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar.