Pengaruh penggunaan model improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga
Main Author: | Pasaribu, Yusni Mayasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7412/1/1720200074.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7412/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa, siswa kurang aktif dalam menyelesaikan soal-soal matematika disebabkan model yang digunakan guru kurang tepat dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Guru harus menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah model Improve. Model Improve ini melatih kemampuan pemecahan masalah pada siswa dalam berdiskusi dengan belajar kelompok dan semua siswa berperan aktif dan membuat siswa fokus dalam belajar. Dengan menggunakan model Improve ini diharapkan dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Sedangkan instrumennya adalah tes (pre-test dan posttest). Populasi dalam penelitian ini dengan jumlah 73 siswa. Sampel dikelas eksperimen yang diberi perlakuan 24 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 24 siswa. pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan rumus uji Normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, soal post test yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 71,58 dan kelas kontrol 70,00. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,260 > 2,013 dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga.