Deskripsi motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di kelas V-B Sekolah Dasar Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Main Author: Siregar, Yustika Lanniari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7358/1/1720500009.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7358/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara masih kurang baik, dikarenakan siswa belum paham maksud dari motivasi itu apa dan guru kurang dalam memberikan motivasi ketika proses pembelajaran berlangsung, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa yang di peroleh kurang maksimal. Rumusan masalah dalam peneliti ini, Bagaimana motivasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling?, Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri200515 Perumnas Pijorkoling?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling, Agar mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian dapat diperoleh dari data primer dan data skunder. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sudah maksimal, dikarenakan motivasi yang sudah maksimal dilihatketekunan siswa, ketidak putus asaan siswa dalam menjawab pertanyaan, siswa tidak cepat bosan degan tugas rutinnya, dan juga siswa dapat mempertahankan pendapatnya,dan juga mencari juga memecahkan soal dengan baik, mengakibatkan hasil belajar juga sudah maksimal dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dilihat dari ranah kognitif, ranah afektif juga ranah psikomotorik siswa dan juga dilihat dari nilai siswa sudah di atas 75 di Sekolah Dasar Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.