Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan perbandingan di kelas VII siswa SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan
Main Author: | Sari, Winda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7347/1/1720200045.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7347/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa pada Pokok Bahasan Perbandingan disebabkan oleh model yang digunakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami Matematika. Rumusan masalah penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VII siswa SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen jenis desain eksprimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan yang berjumlah 182 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-C (30 siswa) sebagai kelas eksprimen dan kelas VII-B (30 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dari hasil perhitungan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) hasil belajar di kelas eksprimen 85 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 74,23, begitu pula dengan nilai median serta nilai modus pada kelas eksprimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Selain itu, pengujian uji t dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2,46 > ttabel = 2,00. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VII Siswa SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan”.