Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe card sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 347 Batahan
Main Author: | Hasanah, Mariatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7325/1/1620500074.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7325/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SD Negeri 437 Batahan. Penyebabnya yaitu siswa kurang mendengarkan guru yang sedang mengajar di depan kelas dan menganggap bahwa pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang sedikit rumit dipahami jika diajarkan menggunakan strategi pembelajaran konvensioanal dengan cara ceramah ataupun menghafal. Kemudian di dalam proses belajar mengajar, guru jarang menyuruh siswa untuk belajar kelompok atau diskusi. Rumusahan masalah penelitian ini tentang masalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 347 Batahan? Penelitian ini melakukan sebuah penerapan model pembelajaran card sort dimana model ini dapat membuat siswa tertarik untuk belajar dan juga sangat membantu siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru pada saat menjelaskan pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model card sort. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di setiap siklus meningkat. Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 64,5 (30%), kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 67,5 (35%) menjadi 72 (45%), pada siklus II dari 75 (50%) menjadi 86 (85%). Adapun respon siswa terhadap penerapan model card sort dalam proses pembelajaran yaitu siswa sangat suka karena dapat menumbuhkan minat dalam belajar sekaligus dapat menuntut siswa untuk menemukan konsep sendiri. Kesimpulan yaitu hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya strategi card sort pada pembelajaran IPA kelas III SD Negeri 347 Batahan.