Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa pada materi peluang di kelas VIII Pondok Pesantren Ja’fariyah Hutaibus Padang Lawas

Main Author: Pulungan, Nuryana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7281/1/1720200066.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7281/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan berfikir kreatif siswa karna kurang di biasakan dengan masalah-masalah terbuka yang melibatkan logika dan insting siswa. siswa hanya mendapatkan pembelajaran yang berpusat pada guru. Kreatifitas guru menciptakan suasana pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berfikir kreatif matematika siswa. Banyak model yang merangsang siswa untuk berfikir kreatif salah satunya adalah model pembelajaran reciprocal teaching. Dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dapat membantu siswa lebih kreatif dalam menyelesaikan soal dan lebih menguasai pelajaran serta dapat mengaplikasikan ide-ide pemikirannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Peluang di Kelas VIII Pondok Pesantren Ja’fariyah Hutaibus Padang Lawas?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran matematika dengan model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa pada materi peluang kelas VIII Pondok Pesantren Ja’fariyah Hutaibus Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sedangkan instrumennya adalah tes uraian (pretest dan posttest). Populasi penelitian ini adalah kelas VIII Pondok Pesantren Ja’fariyah Hutaibus yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 120 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol sedangkan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis di kelas kontrol nilai rata-rata pre-test yaitu 60,8415 dan post-test yaitu 70,7407 dan di kelas eksperimen nilai rata-rata pre test yaitu 61,4828 dan post-test yaitu 78,8966, dimana rata-rata pre-test dan post test dikelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata pre-test dan post-test dikelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,208 >2,004 dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa pada materi peluang kelas VIII Pondok Pesantren Ja’fariyah Hutaibus Padang Lawas.