Problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 101340 Batang Baruhar Julu Kecamatan Padang Bolak
Main Author: | Harahap, Nurjannah Holijah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7279/1/1720500122.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7279/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi para guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam proses pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di SD Negeri 101340 Batang Baruhar Julu. Dalam hal ini juga dalam penelitian ini dapat diketahui apa saja upaya guru dalam penanggulangan peroblematika guru dalam melaksanakan proses pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di SD Negeri 101340 Batang Baruhar Julu Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam melaksanakan proses pembelajaran tematik kurikulum 2013 di SD Negeri 101340 Batang Baruhar Julu Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian ini diarahkan untuk menggambarkan problematika yang dihadapi guru tematik pada kurikulum 2013 dalam melaksanakan proses pembelajaran. Adapun instrumen dalam pengumpulan data mengunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi data, pemeriksaan keabsahan data dan menafsirkan data. Hasil dalam penelitian ini, bahwa problematika guru dalam melaksanakan proses pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 SD Negeri 101340 Batang Baruhar Julu belum maksimal, guru belum bisa membuat RPP, guru juga masih kurang maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih banyak mengajarkan dengan metode ceramah dan mencatat aja dan penilaian dalam pembelajaran juga guru masih terkendala apalagi sekarang dalam keadaan pembelajaran di era sekarang banyak siswa siswi belajar hanya beberapa hari dan belajar di rumah tidak di sekolah sehingga guru sulit untuk mengetahui baik dari sikap, pengetahuan dan keterampilannya.