Kesiapan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan Kec. Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan

Main Author: Pulungan, Wika Harina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7268/1/1620100030.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7268/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah berawal dari kurangnya kesiapan guru pendidikan agama Islam, Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kesiapan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan, (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian mengetahui (1) kesiapan guru pendidikan agama Islam dalam membina pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Padangidimpuan, (2) faktor faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis Al-Qura‟an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan situasi kondisi lokasi penelitian yang sebenarnya secara sistematik, faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data dalam peelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini (a) kesiapan guru pendidikan agama Islam menggunakan rencana yang berisi tujuan pembelajaran secara operasional materi, bentuk kegiatan belajar mengajar, metode yang di gunakan, waktu, alat, dan evaluasi, metode belajar yang di gunakan harus menggunakan cara tertentu yang tepat dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan tercapai, mental yang kuat, tentukan tujuan pembelajaran. (b) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis Al-Qur‟an ada dua yaitu pertama faktor internal meliputi: faktor bakat, minat, intelegensi. Kedua faktor eksternal meliputi: guru, kurikulum, lingkungan masyarakat, orangtua.