Proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 12 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu

Main Author: Siregar, Maria Ulfha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7254/1/1720100054.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7254/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peran guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada masa Pandemi Covid-19 guru Pendidikan Agama Islam harus kreatif dan mau melakukan inovasi pembelajaran yang merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan dengan memaksimalkan media yang ada. Siswa juga mendapatkan pembelajaran kurang maksimal. Karena adanya Pandemi Covid-19 waktu dalam poses pembelajaran kurang efektif, sarana dan prasarana yang digunakan di rumah guru kurang memadai. Guru Pendidikan Agama Islam perlu membuat konsep belajar yang berbeda dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian terhadap siswa pada masa Pandemi Covid-19 ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran masa Pandemi Covid-19 di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12, Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran masa Pandemi Covid-19 di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12, Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penilaian pembelajaran masa Pandemi Covid-19 di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12, Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu (Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa). Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perpanjangan Keikutsertaan dan triangulasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, deskripsi data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan perencanaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam ada lima tahap yaitu Tahap pra perencanaan, perencanaan awal, formulasi rencana, elaborasi rencana dan evaluasi rencana. Pelaksanaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penilaian pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam yaitu penugasan berupa tes tertulis dan non tertulis.