Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca puisi kelas V SDN 112245 Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat

Main Author: Sihombing, Meli Astuti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7228/1/1620500071.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7228/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia disebabkan diduga kurangnya metode pembelajaran yang bervariasi, siswa tidak mempunyi keberanian untuk maju ke depan untuk membaca puisi dengan teks maupun dan tanpa teks, sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan metode demonstrasi sehingga siswa lebih berani maju ke depan membaca puisi dengan metode tersebut, menggunakan teks maupun tanpa teks, dan hasil belajar siswa diharapkan meningkat. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 112245 Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode demonstrasi materi puisi pada pelajaran bahasa Indonesia. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi membaca puisi pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 112245 Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Instrument dalam peenlitian ini yaitu berupa tes, dan hasil observasi. Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 112245 Air Merah, yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia materi membaca puisi mengalami peningkatan dari tes awal ke siklus I, siklus I ke siklus II. Pada Siklus 1 pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa 48,33 dengan presentase ketuntasan 33,33%. Pada pertemuan ke-2, nilai rata-rata siswa 52,50 dengan presentase ketuntasan 50%. Selanjutnya pada siklus II peningkatan juga terjadi yaitu ada pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa mencapai 63,00% dengan presentase 80% dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat lagi hingga 68,33 dengan presentase ketuntasan 93,33%.