Penerapan strategi genius learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan rasa percaya diri siswa di Kelas VIII Pondok Pesantren Jabalul Madaniyah Kab. Tapanuli Selatan

Main Author: Harahap, Nurmaya Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7224/1/1720200034.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7224/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika dan rasa percaya diri siswa di kelas VIII Pondok Pesantern Jabalul Madaniyah Kab. Tapanuli Selatan, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal khususnya pada materi kubus dan balok. Untuk itu diperlukan suatu penerapan dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelas sebelum diberikan penerapan strategi Genius Learning dengan sesudah diterapkannya strategi Genius Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Genius Learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII Pondok Pesantren Jabalul Madaniyah Kab. Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini merupakan Pelitian Tindakan Kelas (PTK), yang pelaksanaannya terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pondok Pesantren Jabalul Madaniyah Kab. Tapanuli Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa pada pokok bahasan kubus dan balok.. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Genius Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan rasa percaya diri siswa di kelas VIII Pondok Pesantren Jabalul Madaniyah Kab. Tapanuli Selatan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor rata-rata nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan rasa percaya diri siswa. Peningkatan pada siklus I kemampuan pemahaman konsep siswa belum mencapai kriteria ketuntasan sebesar 70% yaitu 40,90%. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 70% yaitu sebesar 86,36%. Pada rasa percaya diri siswa dengan observasi dari prasiklus – siklus I sebesar 21,71% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 26,76%. Peningkatan rasa percaya diri siswa dari siklus I ke siklus II berdasarkan angket adalah 16,26%.