Metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Safitri, Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7207/1/1720100066.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7207/ |
Daftar Isi:
- Adapun latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kesadaran siswa dalam beragama, hal ini disebabkan oleh kurangnya praktek keagamaan yang telah diajarkan oleh guru di sekolah melalui pembelajaran pendidikan agama Islam. Salah satu yang menjadi masalah adalah penggunaan metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang kurang menarik dan kurang sesuai,sehingga pendidikan agama Islam di sekolah belum mampu mencapai tujuan Pendidikan agama Islam terutama dalam membentuk kesadaran beragama siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur, apakah metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur, dan apa saja kendala dan solusi metode pembelajarn pendidikan agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kesadaran beragama siswa, untuk mengetahui metode pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam membentuk kesadaran beragama siswa, dan untuk mengetahui kendala dan solusi dalam membentuk kesadaran meragama siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan mengunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah interview (wawancara) dan observasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan proses mencaridanmenyusunurutan data secara sistematis dari data yang diperoleh dan hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 2 Sungai Aur sudah memiliki kesadaran beragama walaupun masih perlu dibentuk dengan lebih baik lagi. Dalam membentuk kesadaran beragama siswa, guru menggunakan metode pembelajaran pendidikan agama Islam berupa metode peneladanan, pembiasaan, metode amtsal, metode ibrah dan mau’izah, metode targhib dan tarhib dan metode kisah nabawi dan qurani. Kendala metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kesadaran beragama ialah: kurangnya pelatihan dan praktik materi pendidikan agama Islam, kurangnya tingkat kesadaran siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam, kurangnya dukungan dari masyarakat sekitar, tokoh agama dan orangtua siswa.