Analisis instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill ) dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti Revisi 2017 kelas VII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Main Author: Endayana, Bestari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7176/1/1923100304.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7176/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan identifikasi soal dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa jumlah soal keseluruhan sebanyak 260 soal. Jumlah soal pilihan berganda ada sebanyak 130 soal dan jumlah soal uraian sebanyak 130 soal. Instrumen penilaian yang terindikasi dalam HOTS (Higher Order Thinking Skill) soal pilihan berganda sebanyak 0 soal, sedangkan soal uraian sebanyak 0 soal. Maka pentinglah penelitian ini dilakukan untuk meihat sejuh mana instrumen penilaian sol dalam buku siswa pendidikan agma Islam dan budi peketi revisi 2017 kelas VII Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis instrumen penilaian berbasis HOTS dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (Library Reseach), dengan teknik pengumpulan data melalui dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data primer penelitian ini adalah Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku-buku dan jurnal penelitian yang berkaitan dengan instrumen penilaian HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilihat dari level kognitif menunjukkan bahwa buku tersebut belum memenuhi level kognitif instrumen penilaian berbasis HOTS. Terdapat 130 soal pilihan berganda dan 130 soal uraian dalam buku tersebut, yang termasuk instrumen penilaian berbasis HOTS level kognif C4 (menganalisis) bentuk soal pilihan ganda dan uraian sebanyak 0 %, soal C5 bentuk soal pilihan ganda dan uraian sebanyak 0%, dan soal C6 (menciptakan) bentuk soal pilihan ganda dan uraian 0%. Dengan demikian, soal dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak masuk termasuk dalam level HOTS.