Analisis instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Main Author: Dalimunthe, Nurazmi Dalila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7173/1/1923100286.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7173/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil analisis peneliti mengenai buku siswa. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas X SMA Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa instrumen penilaian soal sebanyak 50 soal yang termasuk dalam instrumen penilaian yang berindikasi LOTS (low order thinking skills) dan instrumen penilaian yang berindikasi HOTS (higher order thinking skills) yaitu sebanyak 5 soal. Dengan demikian, pentinglah penelitian ini dilakukan untuk melihat lebih jauh lagi instrumen penilaian yang ada dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu penyusunan instrumen penilaian dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, analisis instrumen penilaian berbasis HOTS dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan perancangan rumusan soal HOTS dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (Library Research), dengan teknik pengumpulan data melalui dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data primer penelitian ini adalah Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti revisi 2017 kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku-buku dan jurnal penelitian yang berkaitan dengan instrumen penilaian HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian HOTS dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pekerti revisi 2017 kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilihat dari level kognitif menunjukkan bahwa buku tersebut belum memenuhi level kognitif instrumen penilaian berbasis HOTS. Terdapat 55 soal buku tersebut, yang termasuk instrumen penilaian berbasis HOTS level kognif C4 (menganalisis) sebanyak 5,5%, level kognitif C5 (mengevaluasi) sebanyak 1,8%, dan level kognitif C6 (menciptakan) sebanyak 1,8%. Dengan demikian, soal dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti revisi 2017 kelas X SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak termasuk dalam level HOTS.